Contoh Soal Anggaran Biaya Pemasaran
PT. Tintamas, sebuah prshn produsen pulpen yg berlokasi di Jakarta.
Pada bulan Nopember 2009, kantor pemasaran prshn ini membuat anggaran berkaitan
dgn rencana kerja tahun 2010 utk mendukung seluruh aktivitas prshn dlm mencapai
tujuannya. Bagian pemasaran prshn ini dikepalai oleh seorang manajer pemasaran,
dibantu oleh 4 orang staf pemasaran, 2 orang penyelia wiraniaga, 12 orang
wiraniaga dan 2 orang karyawan serba-serbi.
Rencana kerja kantor pemasaran PT. Tintamas adalah
sbb :
¨ Produk prshn direncanakan dijual sebanyak
1.500.000 unit selama tahun 2010 (setiap 10 unit pulpen dikemas di dalam 1
kotak). Prshn mengalokasikan penjualan secara merata setiap bulannya, di mana
direncanakan dijual sebanyak 125.000 unit produk per bulan.
¨ Komisi penjualan Rp 1.000 per kotak utk
wiraniaga & sebesar Rp 300 per kotak utk penyelia wiraniaga. Sedangkan
komisi yg akan diterima oleh manajer pemasaran adalah sebesar Rp 200 per kotak.
¨ Biaya iklan di Koran Rp 2.000.000 per
penayangan.
¨ Biaya iklan di Majalah Rp 3.000.000 per
penayangan.
¨ Jumlah penayangan iklan di Koran & di
Majalah masing-masing sebanyak 48 kali setahun.
¨ Biaya pengepakan sebesar Rp 8.000 per 10
kotak.
¨ Gaji per bulan 4 orang staf pemasaran
sebesar Rp 1.500.000 per orang.
¨ Gaji per bulan manajer pemasaran sebesar
Rp 3.000.000.
¨ Gaji per bulan 12 orang wiraniaga sebesar
Rp 400.000 per bulan.
¨ Gaji per bulan 2 orang penyelia wiraniaga
sebesar Rp 800.000 per orang.
¨ Gaji per bulan 2 karyawan serba-serbi
sebesar Rp 600.000 per orang.
¨ Biaya transportasi diberikan kpd wiraniaga
sebesar Rp 200.000 per orang per bulan.
¨ Biaya penyusutan gedung kantor pemasaran
sebesar Rp 15.000.000 per tahun.
¨ Biaya penyusutan kendaraan pemasaran
sebesar Rp 18.000.000 per tahun.
¨ Biaya penyusutan peralatan kantor sebesar
Rp 12.000.000 / tahun.
¨ Biaya listrik,air & telepon sebesar Rp
4.000.000 per bulan.
Diminta:
Berdasarkan data & keterangan di atas, maka
buatlah anggaran biaya pemasaran PT. Tintamas untuk tahun 2010 !
Jawaban :
Anggaran Biaya Pemasaran
Jenis Biaya
|
Biaya Tetap
|
Biaya Variabel
|
Total
|
Gaji & komisi manajer pemasaran
|
36.000.000
|
30.000.000
|
66.000.000
|
Gaji staf pemasaran
|
72.000.000
|
0
|
72.000.000
|
Gaji & komisi penyelia wiraniaga
|
19.200.000
|
45.000.000
|
64.200.000
|
Gaji & komisi wiraniaga
|
57.600.000
|
150.000.000
|
207.600.000
|
Gaji karyawan serba-serbi
|
14.400.000
|
0
|
14.400.000
|
Biaya iklan di Koran & di Majalah
|
0
|
240.000.000
|
240.000.000
|
Biaya pengepakan
|
0
|
120.000.000
|
120.000.000
|
Biaya transportasi |
|||
0
|
28.800.000
|
28.800.000
|
|
Biaya penyusutan kendaraan
|
18.000.000
|
0
|
18.000.000
|
Biaya penyusutan gedung
|
15.000.000
|
0
|
15.000.000
|
Biaya penyusutan peralatan kantor
|
12.000.000
|
0
|
12.000.000
|
Biaya listrik,air & telepon
|
48.000.000
|
0
|
48.000.000
|
Jumlah
|
292.200.000
|
613.800.000
|
906.000.000
|
Keterangan :
§ Gaji yg diperoleh manajer pemasaran adalah
sebesar Rp 3.000.000 / bulan atau sebesar Rp 36.000.000 / tahun.
Sedangkan komisi yg diperoleh manajer pemasaran adalah sebesar Rp 200 x
150.000 kotak = Rp 30.000.000. Karena setiap 10 unit pulpen dikemas di
dalam 1 kotak, maka total penjualan yg direncanakan adalah sebesar 1.500.000
unit : 10 unit = 150.000 kotak.
§ Staf pemasaran digaji sebesar Rp 1.500.000
per orang per bulan. Berarti, jumlah gaji yg akan dibayarkan utk 4 staf
pemasaran adalah sebesar Rp 1.500.000 x 4 x 12 bulan = Rp 72.000.000 per
tahun.
§ Gaji yg dibayarkan kpd penyelia wiraniaga
adalah sebesar Rp 800.000 / bulan / orang. Maka total gaji 2 orang wiraniaga di
dalam 1 tahun adalah sebesar 2 x Rp 800.000 x 12 bulan = Rp 19.200.000.
Karena setiap penjualan 1 kotak pulpen, penyelia memperoleh komisi sebesar Rp
300, maka komisi yg diterima oleh 2 orang penyelia wiraniaga adalah sebesar Rp
300 x 150.000 = Rp 45.000.000 dlm setahun anggaran.
§ Setiap wiraniaga memperoleh gaji sebesar
Rp 400.000 per bulan, maka gaji yg dianggarkan utk 12 orang wiraniaga adalah
sebesar Rp 400.000 x 12 orang x 12 bulan = 57.600.000. Dan setiap
wiraniaga memperoleh komisi penjualan sebesar Rp 1.000 per kotak pulpen, maka
jumlah komisi penjualan yg dianggarkan utk seluruh wiraniaga di dalam 1 tahun
adalah sebesar 150.000 kotak x Rp 1.000 = Rp 150.000.000.
§ Utk beriklan di koran & di majalah
masing-masing direncanakan sebanyak 48 kali sepanjang tahun 2010, maka anggaran
biaya iklan di koran & di majalah adalah sebesar 48 x (Rp 2.000.000 + Rp
3.000.000) = Rp 240.000.000.
§ Biaya pengepakan adalah sebesar Rp 8.000
setiap 10 kotak atau sebesar Rp 800 / kotak. Sedangkan jumlah pulpen yg
direncanakan dijual adalah sebesar 150.000 kotak, maka biaya pengepakan total
yg dianggarkan adalah sebesar 150.000 x Rp 800 = Rp 120.000.000.
§ Biaya penyusutan gedung, kendaraan &
peralatan kantor adalah biaya yg relatif tidak berubah walaupun terjadi gejolak
fluktuasi aktivitas bagian pemasaran. Biaya jenis ini tidak akan berubah dari
tahun ke tahun, kecuali terjadi perubahan jumlah atau nilai dari aktiva tetap yg
disusutkan.
§ Dgn demikian, anggaran biaya pemasaran
total PT. Tintamas di dalam tahun 2010 adalah sebesar Rp 906.000.000 yg
terdiri dari biaya tetap sebesar Rp 292.200.000 & Rp 613.800.000
biaya variabel.
Dlm kasus PT. Tintamas, karena alokasi penjualan
produk dilakukan secara merata sepanjang tahun, maka anggaran biaya pemasaran
prshn dibagi secara merata pada setiap bulan yang ada.
o Gaji & komisi manajer misalnya,
dianggarkan sebesar Rp 66.000.000 dlm 1 tahun yg terdiri dari biaya tetap
sebesar Rp 36.000.000 & biaya variabel sebesar Rp 30.000.000.
Biaya tetap sebesar Rp 36.000.000 : 12 = Rp 3.000.000 / bulan. Sedangkan
biaya variabel sebesar Rp 30.000.000 : 12 = Rp 2.500.000 / bulan.
Akibatnya, gaji & komisi manajer pemasaran dialokasikan sebesar Rp
5.500.000 yaitu dari Rp 3.000.000 + Rp 2.500.000 = Rp 5.500.000 / bulan.
o
Setelah
semua jenis biaya pemasaran dihitung dengan cara yg sama, maka akan
menghasilkan biaya pemasaran pada bulan Januari sebesar Rp 75.500.000. Demikian
pula dgn bulan-bulan berikutnya.
o
Utk
triwulan kedua, biaya bulanan tsb dikalikan dgn 3 bulan. Demikian pula utk
triwulan ketiga & keempat. Sehingga akhirnya akan menghasilkan anggaran
biaya pemasararn total utk tahun 2010 sebesar Rp 906.000.000.
Anggaran
Biaya Pemasaran Bulanan (dalam Ribuan Rupiah)
Jenis
Biaya
|
Bulan
|
Triwulan
|
Total
|
||||
Jan
|
Feb
|
Maret
|
2
|
3
|
4
|
||
Gaji &
komisi manajer pemasaran
|
5.500
|
5.500
|
5.500
|
16.500
|
16.500
|
16.500
|
66.000
|
Gaji staf
pemasaran
|
6.000
|
6.000
|
6.000
|
18.000
|
18.000
|
18.000
|
72.000
|
Gaji &
komisi penyelia wiraniaga
|
5.350
|
5.350
|
5.350
|
16.050
|
16.050
|
16.050
|
64.200
|
Gaji &
komisi wiraniaga
|
17.300
|
17.300
|
17.300
|
51.900
|
51.900
|
51.900
|
207.600
|
Gaji karyawan
serba-serbi
|
1.200
|
1.200
|
1.200
|
3.600
|
3.600
|
3.600
|
14.400
|
Biaya iklan di
Koran & di Majalah
|
20.000
|
20.000
|
20.000
|
60.000
|
60.000
|
60.000
|
240.000
|
Biaya
pengepakan
|
10.000
|
10.000
|
10.000
|
30.000
|
30.000
|
30.000
|
120.000
|
Biaya
transportasi
|
2.400
|
2.400
|
2.400
|
7.200
|
7.200
|
7.200
|
28.800
|
Biaya
penyusutan kendaraan
|
1.500
|
1.500
|
1.500
|
4.500
|
4.500
|
4.500
|
18.000
|
Biaya
penyusutan gedung
|
1.250
|
1.250
|
1.250
|
3.750
|
3.750
|
3.750
|
15.000
|
Biaya
penyusutan peralatan kantor
|
1.000
|
1.000
|
1.000
|
3.000
|
3.000
|
3.000
|
12.000
|
Biaya
listrik,air & telepon
|
4.000
|
4.000
|
4.000
|
12.000
|
12.000
|
12.000
|
48.000
|
Jumlah
Total
|
75.500
|
75.500
|
75.500
|
226.500
|
226.500
|
226.500
|
906.000
|
Informasi bagus di sini, saya ingin berbagi dengan Anda semua pengalaman saya mencoba mendapatkan pinjaman untuk memperluas Bisnis Pakaian saya di Malaysia. Sangat sulit pada bisnis saya turun karena penyakit kecil saya waktu singkat maka ketika saya sembuh saya membutuhkan dana untuk mengaturnya lagi bagi saya untuk memulai jadi saya bertemu Mr Benjamin seorang petugas konsultan pinjaman di Le_Meridian Funding Service. Dia bertanya saya tentang proyek bisnis saya dan saya katakan kepadanya saya sudah memiliki One dan saya hanya perlu pinjaman 200.000,00 USD dia memberi saya formulir untuk diisi dan saya juga dia bertanya kepada saya tentang ID Valid saya dalam beberapa hari. Mereka melakukan transfer dan pinjaman saya diberikan . Saya benar-benar ingin menghargai upaya di sana juga mencoba untuk memberikan ini kepada siapa pun yang mencari pinjaman bisnis atau masalah keuangan lainnya untuk Menghubungi Layanan Pendanaan Le_Meridian Di Email: lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. Ia juga tersedia di WhatsApp Contact: +1 -9893943740.
BalasHapusminta contoh soal anggaran pengumpukan piutang dong min
BalasHapusMaaf pak, untuk tabelnya kepotong. Untuk lihat lengkapnya bagaimana ya pak?🙏
BalasHapus