FOLLOW SOSIAL MEDIA KAMI

.

Bagikan

Bagikan
Kunjungi kelompokakuntansi.blogspot.com

ETIKA PENELITIAN - metodologi penelitian

ETIKA PENELITIAN
Salah satu hal yang paling penting ketika melakukan penelitian adalah dalam hal pengumpulan data atau pun sampel, karena dalam hal ini seorang peneliti memerlukan interaksi dengan banyak pihak yang dibutuhkan dalam penelitiannya. Jadi yang sangat diperlukan dalam menghadapi masyarakat adalah suatu tata krama dalam bersosialisasi atau yang lebih dikenal dengan etika penelitian.
Tidak hanya dalam bersosialisasi dengan masyarakat saja dibutuhkan etika, ketika seorang peneliti mencari sumber pustaka pun wajib memiliki etika penelitian, dimana si peneliti disini harus membubuhkan sumber rujukan atau kutipan yang dia ambil. Ini semua untuk menghindari dengan yang namanya menjiplak atau plagiat milik orang lain tanpa menyebutkan sumbernya, dan seolah-olah itu karangan asli dari peneliti/penulis itu sendiri yang menulis, meneliti atau yang mengerjakannya. Sehingga disinilah diperlukan dengan yang namanya kode etik dalam penulisan karya ilmiah.
Etika disini  memiliki beberapa manfaat tersendiri, antara lain :
1)      Membantu manusia untuk melihat secara kritis moralitas yang dihayati masyarakat
2)      Membantu kita untuk merumuskan pedoman etis yang lebih memadai dan norma-norma baru yang dibutuhkan karena adanya perubahan yang dinamis dalam tata kehidupan masyarakat.
3)      Dalam ranah penelitian lebih menunjuk pada prinsip-prinsip etis yang diterapkan dalam kegiatan penelitian

A.    Arti dari Etika Penelitian

Menurut Setiawan,[1] etika adalah konsep yang mengarah pada perilaku yang baik dan pantas berdasarkan nilai-nilai norma, moralitas, pranata, baik kemanusiaan maupun agama.
Etika mengandung tiga pengertian:[2]
1.      Kata etika dapat dipakai dalam arti nilai-nilai atau norma-norma moral yang menjadi pegangan seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya.
2.      Etika berarti kumpulan asas atau nilai moral. Misalnya kode etik.
3.      Etika merupakan ilmu tentang yang baik atau yang buruk yang diterima dalam suatu masyarakat.

B.     Persoalan dan Jenis-jenis Etika Penelitian

1)      Persoalan etika penelitian
Dalam penelitian kualitatif, salah satu ciri utamanya adalah orang sebagai alat/instrument untuk mengumpulkan data. Ini dapat dilakukan dalam pengamatan berperan serta, wawancara mendalam, pengumpulan dokumen, foto, dan sebagainya. Pada orang-orang yang hidup dalam masyarakat biasanya ada sejumlah peraturan, norma agama, nilai sosial, hak dan nilai pribadi, adat kebiasaan, tabu, dan semacamnya, yang hidup dan berada di antara mereka. Adapun persoalan etika akan timbul apabila peneliti tidak menghormati, tidak mematuhi, dan tidak mengindahkan nilai-nilai masyarakat dan pribadi tersebut. Sementara si peneliti tetap berpegang teguh pada latar belakang, norma, adat, kebiasaan, dan kebudayaannya sendiri dalam menghadapi sebuah situasi dan konteks latar penelitiannya tersebut. Jika hal ini terjadi, maka benturan nilai, konflik, frustrasi, dan semacamnya dapat diramalkan akan datang, akibatnya besar sekali pengaruhnya pada kemurnian pengumpulan data. Karena itulah peneliti hendaknya menyesuaikan diri serta menerima seluruh nilai dan norma sosial yang ada dalam masyarakat latar penelitiannya dan meninggalkan budayanya sendiri
2)   Jenis-jenis etika penelitian
Selain didasarkan pada kaidah-kaidah ilmiah (metode ilmiah), pelaksanaan penelitian harus mengikuti etika penelitian. Etika penelitian berkaitan dengan norma-norma:[3]
• Norma sopan-santun; peneliti memperhatikan konvensi dan kebiasaan dalam tatanan di masyarakat
• Norma hukum; bila terjadi pelanggaran maka peneliti akan dikenakan sanksi
• Norma moral; peneliti mempunyai itikad dan kesadaran yang baik dan jujur dalam penelitian

C.    Point-point Penting dalam Etika Penelitian
            Etika mencakup norma untuk berperilaku, memisahkan apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang seharusnya tidak boleh dilakukan. Rangkuman etika penelitian meliputi butir-butir berikut:[4]
1)        Kejujuran; Jujur dalam pengumpulan bahan pustaka, pengumpulan data, pelaksanaan metode dan prosedur penelitian, publikasi hasil.  Jujur pada kekurangan atau kegagalan metode yang dilakukan.  Hargai rekan peneliti, jangan mengklaim pekerjaan yang bukan pekerjaan Anda sebagai pekerjaan Anda.
2)        Obyektivitas; Upayakan minimalisasi kesalahan/bias dalam rancangan percobaan, analisis dan interpretasi data, penilaian ahli/rekan peneliti, keputusan pribadi, pengaruh pemberi dana/sponsor penelitian.
3)         Integritas; Tepati selalu janji dan perjanjian; lakukan penelitian dengan tulis, upayakan selalu menjaga konsistensi pikiran dan perbuatan.
4)       Ketelitian; Berlaku teliti dan hindari kesalahan karena ketidakpedulian; secara teratur catat pekerjaan yang Anda dan rekan anda kerjakan, misalnya kapan dan di mana pengumpulan data dilakukan.  Catat juga alamat korespondensi responden, jurnal atau agen publikasi lainnya.
5)         Keterbukaan; Secara terbuka, saling berbagi data, hasil, ide, alat dan sumber daya penelitian. Terbuka terhadap kritik dan ide-ide baru.
6)        Penghargaan terhadap Hak Atas  Kekayaan Intelektual (HAKI); Memperhatikan paten, copyrights, dan bentuk hak-hal intelektual lainnya.  Jangan menggunakan data, metode, atau hasil yang belum dipublikasi tanpa ijin penelitinya.  Menuliskan semua narasumber yang memberikan kontribusi pada riset Anda.  
7)        Penghargaan terhadap kerahasiaan (Responden); bila penelitian menyangkut data pribadi, kesehatan, catatan kriminal atau data lain yang oleh responden dianggap sebagai rahasia, maka  peneliti harus menjaga kerahasiaan data tersebut.  
8)        Publikasi yang terpercaya; Hindari mempublikasikan penelitian yang sama berulang-ulang ke pelbagai media (jurnal, seminar).  
9)      Pembinaan yang konstruktif; Membantu membimbing, memberi arahan dan masukan bagi mahasiswa/peneliti pemula. Perkenankan mereka mengembangkan ide mereka menjadi penelitian yang berkualitas.  
10)    Penghargaan terhadap kolega/rekan kerja; Hargai dan perlakukan rekan penelitian Anda dengan semestinya.  Bila penelitian dilakukan oleh suatu tim akan dipublikasikan, maka peneliti dengan kontribusi terbesar ditetapkan sebagai penulis pertama (first author), sedangkan yang lain menjadi penulis kedua (co-author(s)). Urutan menunjukkan besarnya kontribusi anggota tim dalam penelitian.
11)    Tanggung jawab sosial; Upayakan penelitian Anda berguna demi kemaslahatan masyarakat, meningkatkan taraf hidup, mudahkan kehidupan dan meringankan beban hidup masyarakat.  Anda juga bertanggung jawab melakukan pendampingan bagi masyarakat yang ingin mengaplikasikan hasil penelitian Anda.
12)     Tidak melakukan Diskriminasi; Hindari melakukan pembedaan perlakuan pada rekan kerja atau mahasiswa karena alasan jenis kelamin, ras, suku, dan faktor-faktor lain yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan kompetensi dan integritas ilmiah.  
13)    Legalitas; Pahami dan patuhi peraturan institusional dan kebijakan pemeintah yang terkait dengan penelitian Anda.  
14)    Rancang pengujian dengan hewan percobaan dengan baik; Bila penelitian memerlukan hewan percobaan, maka percobaan harus dirancang sebaik mungkin, tidak dengan gegabah melakukan sembarang perlakuan pada hewan percobaan.
15)    Mengutamakan  keselamatan manusia; Bila harus menggunakan manusia untuk menguji penelitian, maka penelitian harus dirancang dengan teliti, efek negatif harus diminimalkan, manfaat dimaksimalkan; hormati harkat kemanusiaan, privasi dan hak  obyek penelitian Anda tersebut; siapkan pencegahan dan pengobatan bila sampel Anda menderita efek negatif penelitian (jika untuk penelitian medis).





STRATEGI REVIEW LITERATUR

Review literatur adalah dokumen ilmiah yang telah teruji keabsahanya dan terpublikasi. Borg&Gall (1996) berpendapat bahwa beberapa tujuan penulisan review literatur, yaitu:
·         pembatasan masalah penelitian,
·         mencari hubungan baru dalam suatu penyelidikan,
·         menghindari ketidakberhasilan pendekatan,
·         memperoleh wawasan metodologis,
·         mengidentifikasi rekomendasi penelitian lebih lanjut, dan
mencari teori pendukung.

  1. Taksonomi Review Literatur

Cooper berpendapat bahwa review literatur dapat diklasifikasikan berdasarkan enam karakteristik yaitu fokus, tujuan, perspektif, cakupan, format, dan peserta. Karakteristik review literatur dapat dilihat pada Tabel 1.

Tabel 1. Taksonomi Cooper tentang tinjaun literatur
Karakteristik
Kategori
Fokus
hasil penelitian
metode penelitian
teori
Praktek atau aplikasi
Tujuan
integrasi
  (a) Generalisasi
  (b) pemecahan masalah
  (c) penghubung bahasa
kritik
Identifikasi isu sentral
Perspektif
Netral
Keikusertaan peneliti
Cakupan
Sangat mendalam
Mendalam dengan beberapa kutipan
Mewakili
Format
Historis
Konseptual
Metodologis
Peserta
sarjana khusus
sarjana umum
Praktisi atau pembuat kebijakan
masyaratak umum

              B.      Penulisan Review Literatur

Dalam penulisan review literatur, beberapa tahap yang harus dilakukan yaitu:
  1. Merumuskan Masalah
Dalam hal ini hal yang penting adalah mampu membedakan perbedaan pertanyaan untuk literature review (yaitu pertanyaan yang dapat dijawab dengan mereview penelitian kedua) dan pertanyaan penelitian empiris (yaitu pertanyaan yang hanya dapat dijawab dengan penelitian utama. 
  1. Pengumpulan data
Tujuan dari pengumpulan data adalah mengelompokkan data secara lengkap , representative, dan data yang  penting dari sebuah artikel.
  1. Evaluasi data
Dalam evaluasi data pe review data mulai dengan memilah dan mengevaluasi informasi yang memenuhi kriteria/ untuk memperoleh sebuah kesimpulan. Review Literature umumnya menguji tentang kualitas suatu penelitian.
  1. Analisi data dan pembacaan data
Pada tahap ini pe review mencoba untuk membuat pilahan data. Jika hasil literature review berhubungan maka reviewer memadukan data. Selanjutnya dilakukan sintesis terhadap data telah diekstrak secara  kuantitatif, kualitatif, atau campuran.
  1. Mempublikasikan Literature Review
Pada tahap ini pereview menentukan informasi mana yang penting untuk dipublikasikan dan mana yang tidak penting.

            C.      Kesalahan Umum yang Dibuat Saat Me-Review Literatur Penelitian

Gall, Borg, dan Gall (1996) menyatakan bahwa kesalahan yang paling sering dilakukan dalam mengkaji literatur ini adalah bahwa peneliti:
  1. tidak jelas menghubungkan antara temuan review literatur/ tinjauan literatur dengan tinjauan penelitian peneliti sendiri/review penelitian peneliti sendiri;
2.      tidak mengambil waktu yang cukup untuk menentukan deskripsi terbaik dan mengidentifikasi sumber-sumber terbaik untuk digunakan dalam literatur yang berkaitan dengan topik seseorang;
  1. mengandalkan sumber-sumber sekunder bukan pada sumber-sumber primer dalam mengkaji literatur;
  2. kritis menerima temuan peneliti lain dan interpretasi yang valid, daripada memeriksa secara kritis semua aspek desain penelitian dan analisis;
  3. tidak melaporkan prosedur pencarian yang digunakan dalam tinjauan literatur;
  4. laporan terisolasi hasil statistik daripada sintesis mereka dengan metode chi-square atau meta-analisis; dan
  5. tidak mempertimbangkan temuan bertentangan dan interpretasi alternatif dalam sintesis literatur kuantitatif.



[1] Setiawan, N., Kode Etik Penulisan Karya Ilmiah, Bahan TOT Penulisan Karya Ilmiah, 2011. Hal. 13.
[2] Rizal Mustansyir dan Misnal Munir, Filsafat Ilmu, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001), hal. 29.

[4]Shamoo A, dan Resnik D. Responsible Conduct of Research, (New York: Oxford
University Press, 2003). Dalam situs blog
Haery as-Sazali, Etika dalam Melakukan Sebuah Penelitian, http://kampungsharing.blogspot.com/2012/06/etika-dalam-melakukan-sebuah-penelitian.html.diunggah hari Rabu tanggal 4 Juni 2014.

 

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com